Sabtu, 22 September 2012

MEKANISME REPRODUKI WANITA


Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur (ovum) di dalam ovarium. Oogenesis dimulai dengan pembentukan bakal sel-sel telur yang disebut oogonia (tunggal:oogonium). Pembentukan sel telur pada manusia telah dimulai sejak didalam kandungan, yaitu di dalam ovari fetus perempuan.
Pada akhir bulan ketiga usia fetus, semua oogonia yang bersifat diploid telah selesai dibentuk dan siap memasuki tahap pembelahan. Semula oogonia membelah secara mitosis menghasilkan osit primer. Pada perkembangan fetus selanjutnya, semua oosit membelah secara meiosis, tetapi hanya sampai padafase profase. Pembelahan meosis tersebut berhenti hingga bayi lahir dan mencapai usia pubertas. Memasuki masa pubertas, oosit melanjutkan pembelahan meiosis I. Hasil pembelahan tersebut berupa dua sel haploid. Satu berukuran besar disebut oosit sekunder dan satu berukuran kecil disebut badan kutub pertama.
Pada tahap selanjutnya, oosit sekunder dan badan kutub pertama akan mengalami pembelahan meiosis II. Oosit sekunder akan membelah menjadi dua sel, yaitu satu sel berukuran normal disebut ootid dan satu sel lagi berukuran kecil disebut badan kutub kedua. Badan kutub pertama juga mengalami pembelah menjadi dua badan kutub kedua. Badan kutub kedua bergabung dengan dua badan kutub pertama yang mengalami pembelahan menjadi tiga badan kutub kedua (polosit sekunder). Ootid mengalami perkembangan lebih lanjut menjadi ovum matang, sedangkan ketiga badan kutub mengalami degeneasi (hancur).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar