Senin, 10 Juni 2013

bahaya benda berbahan kimia

a.Plastik kresek hitam
Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) memperingatkan masyarakat, agar tak menggunakan plastik kresek hitam sebagai wadah makanan karena Penggunaan palstik kresek hitam beresiko menimbulkan kanker dan kerusakan ginjal, maupun penyakit lainnya tergantung bahan yang dikandungnya.

b.MELAMIN
Produk melamin yang buruk akan melepaskan formalin saat digunakan untuk mewadahi makanan panas, berair dan asam. Secara tak sadar formalin kemudian masuk ke tubuh manusia melalui makanan tersebut.    
Formalin yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi sel. Dalam jangka pendek konsumsi makanan mengandung formalin mengakibatkan sakit seperti muntah, diare, dan kencing darah. Jangka panjang, akumulasi formalin berlebihan di dalam tubuh berpotensi menyebabkan kanker dan ginjal. 

c. Stereofoam
Kandungan yang terdapat seperti Benzen, Carsinogen, Styrene, akan bereaksi dengan cepat begitu makanan dimasukan kedalamnya. Uap panas dari makanan akan memicu reaksi kimia ini terjadi lebih cepat, Misal zat Benzen sudah bereaksi masuk kedalam tubuh lalu masuk kedalam jaringan darah lalu terakumulasi selama bertahun-tahun akan menimbulkan kerusakan pada sum-sum tulang belakang, anemia, dan bahkan mengurangi produksi sel darah merah. 

d. KERTAS
bahan kimia yang terkandung di dalam tinta yang ada pada koran mengandung elemen-elemen yang mampu menyebabkan kanker.Jika mengkonsumi jajanan yang dibungkus dengan kertas koran berarti mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan bahan karsinogen atau senyawa pemicu kanker. Termasuk, bisa memicu penyakit kronis lainnya dan keracunan.

e.BOTOL BEKAS

Botol Jenis PET/PETE ini direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI, Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar